Rabu, 13 April 2011

Kebudayaan


Budaya atau Kebudayaan adalah suatu cara hidup atau suatu tradisi yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi . Jadi kebiasaan dan tingkah laku sebuah kelompok orang dalam menjalankan kehidupannya dan aktifitasnya di masa lampau bisa menjadi sebuah Budaya atau kebudayaan di masa sekarang karena kebiasaan mereka terus berkembang dari masa ke masa dan disempurnakan pada masa kini sehingga menjadi sebuah kebudayaan yang patut untuk dipertahankan . Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.  Bahasa juga termasuk budaya yang melekat erat pada setiap manusia, karena bahasa itu sendiri merupakan bagian dari diri manusia yang tidak akan mungkin dapat dipisahkan. Karena alasan seperti itulah banyak orang menganggap bahwa bahasa adalah budaya yang diwariskan secara genetis dari generasi ke generasi .

Kebudayaan terdiri dari 7 unsur, yaitu :

Sistem Religi atau Kepercayaan
Sejak Dahulu manusia banyak beranggapan bahwa ada kekuatan Maha Besar yang mengatur kehidupan mereka , sehingga mereka menyembahNya dan mulailah lahirnya kepercayaan dalam diri mereka. Oleh karena itu, Kepercayaan dan Sistem Religi adalah kebudayaan yang diwariskan.

Sistem Organisasi Kemasyarakatan
Sejak dahulu manusia dikenal sebagai makhluk sosial . Dengan menyusun sebuah organisasi kemasyarakatan, manusia dapat saling bekerja sama satu sama lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan masing-masing individu , kegiatan bekerja sama dan saling bersosialisasi ini menjadi sebuah kebudayaan yang erat pada diri manusia dan diwariskan sampai sekarang.

Sistem Pengetahuan
Manusia memiliki kemampuan untuk mengingat-ingat apa yang telah dilihatnya, dirasakannya, bahkan diciumnya karena adanya fungsi otak dan indera . Manusia kemudia menyampaikannya pada individu-individu lainnya melalui bahasa , hal tersebut menyebabkan pengetahuan menyebar luas. Penyebaran tersebut dapat dilakukan dari satu generasi ke generasi lainnya sehingga menjadi sebuah kebudayaan tersendiri .

Sistem mata pencaharian hidup dan sistem-sistem ekonomi
Manusia dikenal sebagai makhluk ekonomi. Mereka selalu mencari cara untuk membuat kehidupan mereka lebih layak . Hal tersebut membuat tingkat kehidupan manusia secara umum terus meningkat.

Sistem teknologi dan peralatan
Dengan didasari dengan kemampuan untuk berfikir, manusia dapat memanfaatkan kecerdasan mereka dan dibantu dengan kedua tangan mereka, mereka dapat membuat dan mempergunakan alat untuk kehidupan manusia itu sendiri. Kemampuan untuk berfikir dan menciptakan sesuatu yang bermanfaat telah menjadi kebudayaan yang sangat sempurna di kehidupan masa kini.

Bahasa
Karena Manusia merupakan makhluk sosial, mereka pasti akan selalu berusaha untuk berkomunikasi dengan sesamanya, baik itu berupa gerakan tubuh, sandi atau kode, atau dengan bahasa. Pada zaman dahulu mereka mempergunakan bahasa dalam bentuk kode-kode , kemudian disempurnakan menjadi bentuk tulisan, dan akhirnya menjadi dalam bentuk tulisan .

Kesenian
Manusia sejak dahulu selalu ingin melakukan sesuatu yang baru, yang secara tidak sengaja mungkin memunculkan sebuah seni yang terus berkembang . oleh karena itu  kesenian merupakan sebuah kebudayaan yang diturunkan dari generasi ke generasi .


Sosiologi manusia dan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal, maksudnya bahwa walaupun keduanya berbeda tetapi keduanya meruapakn satu kesatuan. Manusia menciptakan kebudayaan dan setelah kebudayaan itu tercipta maka kebudayaan mengatur hidupnya agar sesuai dengannya.





Sumber :