Kamis, 06 Oktober 2011

DIGITAL CULTURE IN SOCIAL LIFE

Digital Culture atau kebudayaan Digital adalah suatu budaya yang sedang menjamur di kehidupan bermasyarakat di dunia saat ini . Masyarakat mulai menggunakan teknologi komputer untuk menjalankan kehidupan mereka sehari-hari , mengapa begitu ? karena dengan memakai media media digital kita dapat dengan mudah dan cepat berkomunikasi (dapat juga melalui social network seperti Facebook, Twitter, dll.) , mencari informasi , melakukan pembayaran (eBanking) , dsb . Kita ambil contohnya adalah penggunaan Handphone (HP) yang saat ini hampir seluruh orang di dunia memilikinya , tidak terkecuali orang-orang pedalaman yang bahkan mempunyai HP . Dengan menggunakan HP kita dapat dengan mudah menghubungi orang dimana saja, kapan saja , dan bahkan bisa sambil berjalan-jalan , tidak seperti telepon rumah yang mengharuskan kita diam ditempat itu saja , mengirim pesan secara cepat , mencari informasi dengan menggunakan internet , bermain games dan masih banyak lagi kegunaan-kegunaan lainnya yang mempermudah kita dalam beraktifitas maupun bersenang-senang . Semakin majunya zaman maka semakin maju juga perkembangan teknologi di dunia sehingga mengharuskan kita untuk mengerti dan memahami teknologi itu sendiri , karena kebudayaan digital itu sendiri harus didampingi oleh penggunanya yang mengerti juga alat alat digital/elektronik itu sendiri , sehingga menurut saya perlu juga diajarkan atau minimal dikenalkan dengan media media digital dari sejak dini .
Dengan adanya media Digital tentu saja kita dapat beraktifitas dengan mudah namun disamping kegunaan dan manfaatnya yang banyak sekali tentu saja ada kerugiannya , seperti :
  • ·     Alasan utamanya adalah MAHAL (tetapi bila kita pikirkan , suatu barang elektronik yang mahal tentu saja mempunyai kegunaan yang lebih unggul dibandingkan dengan yang harganya dibawahnya , jadi ya bisa dibilang hal ini Fair)
  • ·      Banyaknya Virus-virus yang menyerang media elektronik , hal ini sangat menjengkelkan karena dapat merusak ataupun menghilangkan data data yang ada
  • ·      Jika ingin mengakses atau mencari informasi di web dibutuhkan jaringan internet , yang bila diakses tanpa wi-fi ataupun paket tertentu sangat menguras pulsa (bila diakses melalui Handphone) .
  • ·     Jika dipakai di pedalaman sinyal yang didapat sangat kecil bahkan bisa tidak ada sinyal sama sekali
  • ·     Setahu saya radiasi radiasinya dapat membahayakan tubuh
  • ·     Membahayakan mata (terutama berlama lama menggunakan komputer)

Dengan adanya media Digital seperti itu tentunya kita akan lebih memilihnya , namun dengan semakin maraknya alat alat yang dijual dipasaran tentu saja makin banyak juga penipuan-penipuan (dalam hal ini seperti yang dikatakan tadi , diperlukannya pemahaman tentang barang-barang digital itu sendiri) maupun pencurian yang akan terjadi , karena itu kita harus lebih waspada .

Nama  : Wulang Risky
NPM  : 58410582
Kelas  : 2iA03