Minggu, 21 April 2013

GAME MAKER

Game Maker adalah Windows dan Mac IDE yang dikembangkan oleh Mark Overmars dalam bahasa pemrograman Delphi. Saat ini software ini dikembangkan dan dipublikasikan oleh Yoyo Games, sebuah perusahaan software dimana Overmars secara tidak langsung terlibat didalamnya dan juga pemegang saham yang besar. Game Maker mengizinkan user untuk membuat game tanpa harus memiliki pengetahuan dalam bahasa pemrograman manapun. Game Maker : Studio juga dapat dibeli melalui steam DRM, yang mewajibkan adanya koneksi internet setiap saat. Rilisan terbaru untuk Windows adalah GameMaker:Studio mulai Mei 2012 dan versi 7-nya di Mac OS X mulai 11 Agustus 2010. 

Game Maker utamanya menjalankan game yang menggunakan grafik 2 Dimensi. Grafik dari Game Maker itu sendiri mengalami perbaikan yang signifikan setiap kali adanya rilisan versi terbaru, memungkinkan untuk fungsionalitas tambahan termasuk penyesuaian alpha lebih efisien dan pengaturan pencampuran untuk sprite dan bentuk lainnya. Mulai dari versi 6.0 (Windows), Game Maker menambahkan fitur Direct 3D, mengizinkan penggunaan grafik 3 Dimensi namun masih terbatas. Untuk versi 7.0 (Mac) dan diatasnya, OpenGL dipakai untuk grafik 3 Dimensi dan juga mengizinkan dukungan yang terbatas untuk model 3 Dimensi yang simpel.

Bahasa GameMaker (GML) adalah bahasa skripting utama yang ditafsirkan mirip dengan Java's Just-In-Time compilation yang digunakan pada GameMaker. Dimana mengizinkan user untuk lebih meningkatkan dan mengontrol desain mereka melewati prgramming konvensional. Yang bertentangan dengan sistem drag-and-drop. Sintaks dari GML meminjam aspek dari bahasa lain seperti C, C + + dan Java, secara efektif memanfaatkan Object-oriented programming.

Terdapat beberapa Resource yang dipakai untuk pembuatan game dalam game maker, antara lain :
· Sprites : Gambar dari semua objek dalam game, berisi lebih dari satu gambar
· Sound : efek suara yang ada pada game yang dibuat
· Backgrouds : gambar latar belakang dari sebuah game yang dibuat
· Pahts : lintasan yang diikuti sebuah objek dalam game
· Scripts : bahasa pemrograman yang diberikan pada game
· Fonts : huruf yang digunakan dalam game
· Time Lines : pemberian waktu pada game
· Objects : merupakan siapa saja yang bertindak dalam game
· Rooms : ruang dimana game berjalan atau game diletakkan 
· Events : pergerakan yang dilakukan suatu objek
· Game Option : opsi dalam game
· Game Information : informasi dalam game

GAMBARAN GAME YANG AKAN DIBUAT

Untuk game nya, saya sendiri belum menentukan judul nya, namun gambaran nya seperti ini. Ada seorang tokoh utama yang berusaha mengumpulkan koin/harta dari start hingga finish. Namun terhalang oleh rintangan dan monster. Tokoh utama nya pun bisa mengeksekusi monster nya (diusahakan bisa).
Game ini terdiri dari 2 level. Game akan berakhir bila darah sang tokoh utama habis, atau waktu nya telah habis.