Sabtu, 29 Oktober 2011

VIDEO GAME


Video Game adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan pengguna melalui gambar yang dihasilkan melalui video . barang elektronik yang digunakan untuk memainkan video game disebut sebagai platform , contohnya adalah komputer dan konsol permainan . Platform tersebut bisa berjarak dari komputer mainframe yang besar hingga alat genggam yang kecil . alat input yang digunakan untuk memanipulasi video game disebut dengan kontroler game . di konsol biasa disebut dengan joystick yang memiliki beberapa tombol dan analog , sedangkan di komputer berupa keyboard dan mouse yang dipakai bergantian .

Game pertama yang ada bernama “Cathode Ray Tube” yang muncul pada tahun 1947 yang dipatenkan pada 25 Januari 1947 oleh Thomas T. Goldsmith Jr. Dan Estle Ray Mann . terinspirasi oleh teknologi radar, permainan ini terdiri dari piranti analog yang memperbolehkan user untuk mengontrol sebuah titik yang tergambar pada vektor di layar untuk menirukan sebuah missile yang ditembakkan ke target , yang tergambar di layar piranti analog tersebut .

Semakin berkembangnya zaman , platform-platform yang digunakan untuk bermain game pun semakin canggih , seperti komputer yang semakin lama semakin canggih , maka tentu saja kemampuan untuk memainkan gamenya pun semakin meningkat sehingga menghasilkan gambar yang luar biasa bagus sehingga memberikan pengalaman bermain game yang luar biasa , baru-baru ini ada juga yang mengharuskan kita memakai kacamata 3D untuk memainkan game di komputer . konsol game juga semakin lama semakin berkembang ,  konsol yang paling baru adalah “next generation” meliputi nintendo wii, playstation 3, dan xbox360 . kita ambil contoh Nintendo Wii yang bisa bermain sambil berolahraga , mengapa ? karena konsol ini memiliki fitur yang mengharuskan kita menggerakkan badan kita sehingga model/karakter yang ada di dalam video juga ikut bergerak .

Selain kelebihan-kelebihan yang ada pada video game , ternyata video game juga banyak menuai banyak kritik dan kontroversi (tentunya tidak semua game banyak menimbulkan kontroversi, hanya beberapa game saja) . seperti adanya adegan kekerasan, tema seksual, advergaming (sebuah bentuk mengiklankan sesuatu didalam game), mengkonsumsi narkoba , dll. Oleh karena itu sekarang game-game yang ada diberi rating oleh berbagai organisasi , contohya adalah Entertainment Software Ratings Board atau ESRB . Selain pemberian rating, dicantumkan juga beberapa peringatan pada game .

Kamis, 06 Oktober 2011

DIGITAL CULTURE IN SOCIAL LIFE

Digital Culture atau kebudayaan Digital adalah suatu budaya yang sedang menjamur di kehidupan bermasyarakat di dunia saat ini . Masyarakat mulai menggunakan teknologi komputer untuk menjalankan kehidupan mereka sehari-hari , mengapa begitu ? karena dengan memakai media media digital kita dapat dengan mudah dan cepat berkomunikasi (dapat juga melalui social network seperti Facebook, Twitter, dll.) , mencari informasi , melakukan pembayaran (eBanking) , dsb . Kita ambil contohnya adalah penggunaan Handphone (HP) yang saat ini hampir seluruh orang di dunia memilikinya , tidak terkecuali orang-orang pedalaman yang bahkan mempunyai HP . Dengan menggunakan HP kita dapat dengan mudah menghubungi orang dimana saja, kapan saja , dan bahkan bisa sambil berjalan-jalan , tidak seperti telepon rumah yang mengharuskan kita diam ditempat itu saja , mengirim pesan secara cepat , mencari informasi dengan menggunakan internet , bermain games dan masih banyak lagi kegunaan-kegunaan lainnya yang mempermudah kita dalam beraktifitas maupun bersenang-senang . Semakin majunya zaman maka semakin maju juga perkembangan teknologi di dunia sehingga mengharuskan kita untuk mengerti dan memahami teknologi itu sendiri , karena kebudayaan digital itu sendiri harus didampingi oleh penggunanya yang mengerti juga alat alat digital/elektronik itu sendiri , sehingga menurut saya perlu juga diajarkan atau minimal dikenalkan dengan media media digital dari sejak dini .
Dengan adanya media Digital tentu saja kita dapat beraktifitas dengan mudah namun disamping kegunaan dan manfaatnya yang banyak sekali tentu saja ada kerugiannya , seperti :
  • ·     Alasan utamanya adalah MAHAL (tetapi bila kita pikirkan , suatu barang elektronik yang mahal tentu saja mempunyai kegunaan yang lebih unggul dibandingkan dengan yang harganya dibawahnya , jadi ya bisa dibilang hal ini Fair)
  • ·      Banyaknya Virus-virus yang menyerang media elektronik , hal ini sangat menjengkelkan karena dapat merusak ataupun menghilangkan data data yang ada
  • ·      Jika ingin mengakses atau mencari informasi di web dibutuhkan jaringan internet , yang bila diakses tanpa wi-fi ataupun paket tertentu sangat menguras pulsa (bila diakses melalui Handphone) .
  • ·     Jika dipakai di pedalaman sinyal yang didapat sangat kecil bahkan bisa tidak ada sinyal sama sekali
  • ·     Setahu saya radiasi radiasinya dapat membahayakan tubuh
  • ·     Membahayakan mata (terutama berlama lama menggunakan komputer)

Dengan adanya media Digital seperti itu tentunya kita akan lebih memilihnya , namun dengan semakin maraknya alat alat yang dijual dipasaran tentu saja makin banyak juga penipuan-penipuan (dalam hal ini seperti yang dikatakan tadi , diperlukannya pemahaman tentang barang-barang digital itu sendiri) maupun pencurian yang akan terjadi , karena itu kita harus lebih waspada .

Nama  : Wulang Risky
NPM  : 58410582
Kelas  : 2iA03