Kamis, 14 November 2013

Cara Mencegah Terjadinya Kejahatan Komputer

Upgrade Sistem Operasi
Meng-upgrade sistem operasi ke yang lebih baru, setidaknya tetap mengikuti program terakhir yang disediakan. Pengguna Microsoft Windows XP meng-upgrade ke Microsoft Windows XP Service Pack (SP) 2. Untuk pengguna Microsoft Windows 95/98/ME/NT, disarankan meng-upgrade ke yang lebih tinggi. Menutup celah keamanan pada sistem operasi dengan memasang security patch terkini.
Gunakan Firewall
Firewall membantu melindungi komputer dari hacker jahat, worm, dan beberapa spyware. Gunakan Windows Firewall (tersedia pada Windows XP SP2) atau produk-produk firewall lainnya baik yang harus beli maupun yang gratis. Beberapa program firewall komersial adalah ZoneAlarm, Agnitum Outpost Personal Firewall, Checkpoint Firewall, dll. Sedangkan yang gratis seperti Comodo Personal Firewall, Sunbelt Personal Firewall, Untuk pengguna internet broadband, pastikan router sudah memiliki firewall.
Install Antivirus
Antivirus melindungi kita dari akses virus pada komputer dan serangan-serangan jahat lain seperti trojan dan worm. Antivirus bisa mencari virus, trojan, dan worm yang berdiam di komputer dan melakukan pemindai terhadap email yang masuk maupun email yang keluar. Yang terpenting adalah:
·                     Pastikan Antivirus anda selalu dikonfigurasi untuk meng-update pengetahuannya tentang virus-virus terbaru.
·                     Pastikan juga program Antivirus anda adalah versi yang terakhir.
·                     Jangan membuka attachment email dari orang yang tidak anda kenal.
·                     Lakukan pemindai (scanning) terhadap removable device seperti hard disk external, USB disk, maupun CD/DVD yang terkadang mengaktifkan auto-run.

Selalu Update
Sama seperti sistem operasi, piranti lunak yang terus di-update akan terbebas dari masalah kelemahan keamanan. Selain itu, gunakan program-program terkini agar terus mengikuti perkembangan keamanan program.

Mencegah Spyware
Spyware adalah program kecil yang hinggap di komputer kita untuk merekam dan mengirimkan semua data-data dan kegiatan yang terjadi di komputer, tentunya hanya kegiatan yang diinginkan si pembuatlah yang direkam, seperti aktivitas keyboard oleh keylogger. Mencegah spyware dapat dilakukan dengan:
·                     Waspada terhadap file yang anda buka atau download lewat internet atau email.
·                     Jangan menginstall program yang tidak jelas pembuatnya.
·                     Jangan sembarangan berselancar ke situs yang memiliki tingkat risiko tinggi. Sebagai contoh: Banyak situs porno yang mengandung spyware.
·                     Menghilangkan spyware bisa menggunakan program AntiSpyware seperti Windows Defender, Ad-Aware, Spybot Search & Destroy, dll lalu lakukan pemindai di seluruh komputer. Yakinkan program selalu melakukan update otomatis dan memindai komputer setiap hari sebelum anda memulai kerja.
Amankan Koneksi Nirkabel (Wireless)
Apabila anda memiliki jaringan nirkabel, selalu ikuti dokumentasi instalasi dan :
·                     Gunakan MAC filtering untuk membatasi penggunaan pada komputer yang dipercaya saja.
·                     Gunakan enkripsi WPA atau WPA2 yang lebih aman untuk mengurangi risiko penyadapan.

Membatasi Resiko Email Spam
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terhadap spam:
·                     Jangan meng-klik apapun terhadap email yang telah diidentifikasi sebagai spam.
·                     Pisahkan antara email pribadi / kantor dengan email yang digunakan khusus untuk melakukan registrasi online.
·                     Gunakan email client yang sudah terintegrasi dengan spam filter atau pasang program spam filter.
Backup
Selalu backup file-file penting dan simpan di tempat lain yang aman, pastikan file-file terbackup dengan baik dan tidak mengandung malware.

Keamanan Fisik
·                     Buat tanda “keamanan” pada komputer anda dan benda lain yang anda anggap penting, agar selalu ingat bahwa barang tersebut butuh keamanan.
·                      
·                     Pastikan tidak meninggalkan catatan-catatan kecil di sembarang tempat.
·                     Catat setiap nomor serial dan jangan sampai orang lain tahu.
·                     Pastikan pintu rumah, jendela, garasi terkunci dengan baik. Alat pendeteksi gerak dan alarm meningkatkan pengamanan rumah anda.
·                     Jangan biarkan komputer terlihat dari luar rumah, tentu akan mengundang pencuri.
·                     Pakai kunci pengaman tambahan untuk laptop, misal: fingerprint, usb dongle, dll.
·                     Gunakan tas yang memiliki pengaman tambahan untuk laptop.

·                     Hati-hati saat kendaraan anda mengalami gangguan dijalan, misal: ban bocor, yang seringkali dimanfaatkan oleh penjahat untuk mencuri laptop anda.

Rabu, 30 Oktober 2013

Strategi Mendapatkan Proyek TI Melalui Tender

Prosedur mendapatkan suatu Tender :
  • ·        Kita siapkan terlebih dahulu perusahaan yang hendak digunakan untuk mengikuti tender, pada kali ini CV berupa perusahaan yang ingin menawarkan/menjual produk TI karena peraturan pemerintah mensyaratkan peserta tender harus berbentuk badan hukum bukan perorangan. 
  • ·         Kita urus juga berbagai macam dokumen syarat tender seperti nomor pokok wajib pajak (NPWP), surat izin usaha perdagangan (SIUP), surat keterangan domisisli perusahaan (SKDP) dan dokumen lainnya dapat di baca dan dipelajari pada masing-masing pengumuman lelang.
  • ·         Mencari tahu sebanyak mungkin berita tender, bisa di dapat dari koran, website, atau LPSE sebagai lembaga pengadaan lelang secara elektronik masing-masing wilayah kabupaten atau kota di indonesia, informasi tender juga bisa didapat dari paniia lelang pada instansi yang mengadakan lelang.
  • ·         Baca dan periksa dengan teliti apa saja persyaratan yang harus disediakan seperti berkas-berkas atau surat-surat yang harus ada dalam pengajuan tender.
  • ·         Ikuti dengan disiplin jadwal tender yang disediakan, melakukan lebih awal atau terlambat bisa menjadi penyebab kegagalan menjadi pemenang tender.
  • ·         Bermainlah dengan jujur tanpa melakukan kecurangan seperti bekerja sama dengan panitia tender agar terpilih menjadi pemenang, proyek banyak jika didapat dengan haram maka tidak akan mengantarkan kita ke gerbang kebahagiaan dan ketenangan hidup, sebaliknya biarpun dapat proyek sedikit jika itu dengan jalan halal maka lebih berkah dan bermanfaat untuk menjalani kehidupan.
  • ·         Hindari perbuatan yang melanggar hukum seperti mengancam peserta lelang lain, atau mengancam panitia tender agar dipilih menjadi pemenang. Sebagai peserta tender kita dalam posisi sebagai peminta, oleh karena itu sudah sepatutnya kita bertingkah laku terbaik agar jikalau terpilih menjadi pemenang tetap di dapat dengan cara yang baik.
  • ·         Ajukan harga penawaran dibawah dan mendekati harga tender, mengajukan harga lebih tinggi maka kita akan kalah dengan peserta yang mau menawarkan harga lebih murah. namun menawarkan harga terlalu murah juga tidak baik karena kita bisa dianggap akan melakukan pengurangan spesifikasi dan kualitas barang untuk mendapatkan harga termurah.
  • ·         Jaga hubungan baik dengan suplier dan pedagang barang atau jasa, dengan begini maka kita tetap dapat memberikan pekerjaan sesuai dengan persyaratan tender.
  • ·         Jika terpilih atau mendapatkan dan menjadi pemenang tender maka mengerjakan sesuai dengan spesifikasi dan kualitas yang telah di sepakati, dengan begini tentu kita sudah mendapat nama baik dan punya potensi besar untuk menang tender proyek berikutnya.
Ref :
http://www.ilmusipil.com/cara-menang-tender-pengadaan-barang-dan-jasa

Kelompok 4IA03 :


ANNISA NUR PUTRI SUANDA                         
CAROL BILLY PALENZHA HUTABARAT        
RIZKA INDAH ANINDITA                                               
WULANG RISKY A                                                           
YUDHA PRASETIA                                                          
 

Selasa, 15 Oktober 2013

Kelebihan dan Kekurangan HTML5

Karena merupakan penyempurnaan dari HTML versi sebelumnya, tentu saja versi ini memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dipunyai versi terdahulu. Namun karena masih dalam tahap perkembangan versi inipun juga masih memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah contoh kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh HTML5 :

Kelebihan :


    • Cleaner code, karena sebagian besar kode telah termasuk di dalam sintaks html5, maka kode nampak terlihat lebih sederhana daripada penggabungan antara html, css dan java script.
    • Greater consistency, HTML5 telah melakukan banyak sekali penambahan sintaks yang dibuat dalam struktur lebih baik dan lebih sederhana daripada sintaks-sintaks sebelumnya. Hal ini membuat developer terbantu dalam meningkatkan konsistensi dalam membangun sebuah web.
    • Improve Semantics, dengan berbagai elemen kode di dalam html5 yang telah distandarisasi, maka nilai semantik dari sebuah web dapat lebih ditingkatkan. Itu berarti bahwa bagian-bagian dari web seperti header, nav, footer dan beberapa bagian lainnya terdefinisi dengan jelas maksud serta tujuannya selain itu juga terbentuk dalam sebuah “machine readible format”
    • Improved Accessibility, dengan teknologi HTML5 yang memudahkan struktur pembangunan sebuah web, maka developer dapat membangun pemahaman yang lebih detil mengenaik halaman web.
    • Client-side Database, HTML5 menyediakan model database SQL yang baru dengan API yang dapat dibangun dalam konsep lokal, dalam hal ini di sisi client.
    • Geolocation, HTML5 mempunyai API yang terintegrasi terhadap geolocation, fasilitas tersebut dapat diakses melalui GPS atau fasilitas lain seperti Google Latitude pada iphone.
    • Offline Aplication Cache, pengguna dapat terus melakukan interaksi dengan aplikasi meskipun mereka terputus dari jaringan internet.
    • Smarter Forms, terdapat semacam reguler expression (regex) yang membuat form mampu mengenali secara lebih baik tentang input, validasi data dan interaksi dengan elemen lain (misal : format email, password dll)
    • Sharper focus on Web Application Requiments, HTML5 membuat sebuah mekanisme yang lebih mudah dalam hal pembuatan front end, aplikasi chat, tools drag and drop, video player, pengolah grafis dan masih banyak lagi.


    Kekurangan :
    • Kekurangan utama yang dimiliki oleh HTML5 ini adalah versi ini hanya support untuk browser modern/terbaru
    • Karena bahasa HTML5 ini masih dalam perkembangan, jadi beberapa elemen yang ada bisa saja berubah
    • Fitur keamanan yang ditawarkan HTML5 masih terbatas


    Ref:


    Selasa, 08 Oktober 2013

    Profil Perusahaan Samsung Electronics

    Perusahaan ini adalah sebuah perusahaan penghasil barang-barang elektronik terbesar di dunia. Berawal dari bisnis ekspor kecil di Taegu, Korea, Samsung tumbuh menjadi sebuah perusahaan yang terkemuka. Perusahaan ini memfokuskan produknya pada media dan peralatan digital, semikonduktor, memori, dan integrasi sistem. Pada Era Digital saat ini, tentu saja Samsung menjadi sorotan dunia dengan teknologi produknya yang canggih, kompetitif, dan inovatif.

    Visi :
     
    Samsung mempunyai Visi yaitu "Inspire the World, Create the Future", yang artinya mereka berkomitmen untuk menginspirasi masyarakat diseluruh dunia dengan mengembangkan teknologi terbaru, produk-produk inovatif dan solusi kreatif. Mereka juga berkomitmen untuk menciptakan masa depan yang cerah dengan mengembangkan nilai baru untuk jaringan inti: industri, mitra dan karyawan. Melalui upaya tersebut, mereka berharap berkontribusi pada dunia dengan lebih baik dan pengalaman yang lebih kaya bagi semua.

    Kepemimpinan :

    Direktur Utama :

    Dr. Oh-Hyun Kwon resmi ditunjuk sebagai Chief Executive Officer di Samsung Electronics Co. oleh Dewan perusahaan Direksi pada tanggal 8 Juni 2012. Selain mengawasi perusahaan dalam perannya sebagai CEO dan sebagai Vice Chairman dia terus memimpin Device Solutions Division of Samsung Electronics, yang terdiri dari tiga bisnis utama: Memori, Sistem LSI dan LED.

    Excecutive Team :

    Mr. KK Park diangkat menjadi Presiden dan CEO of Samsung Electronics South East Asia / Oceania pada tanggal 1 Juli 2013. Sebelum menduduki posisi barunya dia adalah Presiden dan CEO Samsung Electronics Africa. Diangkat ke posisi ini pada Januari 2010 dan berlokasi di Johannesburg, Afrika Selatan.

    Dewan Direksi :

    • Oh-Hyun Kwon
    • Gee-Sung Choi
    • Ju-Hwa Yoon
    • Dong-Min Yoon
    • In-Ho Lee
    • Han-Joong Kim
    • Byeong-Gi Lee
    Produk :

    Samsung telah menghasilkan banyak sekali produk yang telah tersebar di dunia, diantaranya adalah ;
    • Semikonduktor (DRAM, SDRAM, dll)
    • Penampil Digital (LCD, Plasma, dll)
    • Perangkat Elektronik (TV, Pemutar DVD, dll)
    • Perangkat Bergerak (Handphone, Kamera Digital, dll)
    • Perangkat Komputer (Monitor, Laptop, dll)
    • Perangkat Rumah Tangga (Kulkas, Mesin Cuci, dll)
    Laba Perusahaan :

    Ikhtisar Laporan Keuangan Tahun 2012
    DALAM MILIARWONDOLLAREURO
    Penjualan Bersih*274.275,6247,5185,1
    Jumlah Aset434.985,8384,3287,8
    Jumlah Kewajiban254.329,2224,7168,3
    Jumlah Ekuitas180.656,6159,6119,5
    Laba Bersih*20.316,318,313,7
    *dalam miliar

    Kantor Pusat :

    Seocho Samsung Town, Seoul, Korea Selatan.




    ref:

    Senin, 24 Juni 2013

    MAKALAH GAME


    BAB I
    PENDAHULUAN

    A.   Latar Belakang
                Game adalah Permainan yang terstruktur, yang biasanya game ini dibuat untuk menghilangkan stress atau juga bisa dibuat untuk Pendidikan agar orang yang ingin belajar tidak merasakan rasa bosan pada suatu hal yang ingin dia pelajari. Komponen dari Game itu adalah tujuan, aturan, tantangan, dan interaksi. Game pada umumnya melibatkan stimulasi mental atau fisik, dan bisa keduanya. Banyak Game yang bisa mengembangkan kreatifias seseorang, sebagai bahan latihan, atau simulasi pendidikan.
                Pada jaman modern seperti ini banyak Game yang melibatkan permainan yang menggunakan Otak  tanpa menggerakan seluruh fisik dikarenakan oleh teknologi yang berkembang pesat.
                Dengan perkembangan teknologi saat ini, banyak aplikasi yang mempermudah pembuatan game, sehingga penulis tertarik dalam membuat game menggunakan bantuan aplikasi GameMaker.

    B.    Tujuan
    -          Mampu membuat game menggunakan GameMaker
    -          Game yang dibuat dapat dimainkan oleh semua kalangan
    -          Mampu mengembangkan model game yang lebih modern






    BAB II
    ISI

    Elemen Game dan Klasifikasi
    Tools (Alat)
                Pada umumnya game pastinya membutuhkan sebuah alat untuk bermain, contohnya seperti sepak bola, catur, video games, card, dan masih banyak lagi. Namun ada juga permainan yang tidak membutuhkan alat yang dimana memerlukan tenaga dan otak atau juga keberanian, contohnya seperti hide and seek, truth or dare, dan lain-lain.

    Rules (Peraturan)
                Game biasanya memerlukan peraturan yang dimana peraturan itu ada untuk mencegah adanya kecurangan dalam permainan pada saat di mainkan. Peraturan umumnya menentukan urutan gilirannya, hak dan tanggung jawab dari para pemain, dan tujuan masing-masing pemain.

    Skill, Strategy, and Chance (Kemampuan, Strategi, dan Kesempatan)
                Game pada dasarnya memang membutuhkan skill, strategy, and chance. Skill sangat dibutuhkan sekali untuk bermain Game, karena tanpa skill kalian tidak bisa melakukan permainan tersebut dengan benar. Strategy adalah hal yang perlu di pelajari dahulu, seperti halnya game chess, card, atau game lainnya karena strategy adalah kunci sukses dari sebuah permainan. Chance, hal ini memerlukan suatu taktik dan pengelihatan atau perhitungan yang sangat jelih, karena chance ini bisa membawakan kita keberuntungan dalam memenangkan game.

    Single-Player Games
                Banyak game yang membutuhkan multiplayer atau pemain yang banyak. Tetapi, single-player game juga sesuatu hal yang unik sehubungan dengan tantangan yang dihadapi pemain. Single-Player game ini bisa dicontohkan seperti permainan Puzzle, video game atau game komputer single-player tidak membutuhkan teman bermain, dan masih banyak lagi.

    Tipe
    Sports
                Game yang biasanya membutuhkan arena yang luas. Permainan ini biasanya membutuhkan pemain yang banyak, contohnya seperti Sepak Bola, Baseball, Basket, atau American Football (Rugby). Tetapi ada juga beberapa yang membutuhkan sedikit pemain, Contohnya seperti Tenis, Bulu Tangkis, atau Catur.

    Board Game
                Permainan ini biasanya membutuhkan sebuah dice, papan permainan, resource, status pemain, dan langkah pemain yang menggunakan sebuah token yang dimana mereka harus mengocok dadu tersebut untuk bermain. Contohnya seperti Monopoly dan Ular Tangga.

    Guessing Game
                Permainan tebakan, yang dimana permainan ini membutuhkan pengetahuan atau pengalaman yang lebih agar dapat menjawab pertanyaan tersebut lebih baik lagi.

    Video Game
                Video Game adalah permainan dimana pemain menggunakan sebuah Platform besar seperti Komputer, Game Konsole (Playstation, Xbox, Wii, Nintendo, dll), atau Mesin Arcade. Video Game mempunyai genre dan rating tersendiri, berikut adalah berbagai macam genre Video Game:
    - Racing: Genre ini dimana pemain memainkan sebuah mobil atau kendaraan virtual untuk balapan dengan pemain lain atau bisa juga melawan AI (pemain virtual yang biasanya disebut CPU), permainan ini bertujuan kendaraan siapakah yang terbaik dalam balapan atau juga pengendara mana yang mahir dalam mengendalikan kendaraan tersebut.
    Contohnya: Need For Speed, Moto GP, atau Kart Racing.

    - Shooting: Video Game jenis ini sangat memerlukan kecepatan refleks, koordinasi mata-tangan, juga timing, inti dari game jenis ini adalah menembak musuh atau target yang sudah di tentukan. Banyak orang menyebut game shooting ini dengan sebutan FPS (First Person Shooting).
    Contohnya: Counter Strike, Call of Duty, atau Battlefield.

    - Fighting: Game jenis ini biasanya banyak digemari para lelaki, yang dimana pemain memilih sebuah karakter yang mempunyai kemampuan tersendiri untuk bertarung melawan musuh atau pemain lain. Game ini diperlukan refleks untuk membaca serangan musuh dan kecepatan tangan untuk melakukan combo atau kemampuan tersembunyi yang dimiliki Karakter tersebut.
    Contohnya: Street Fighter, Mortal Combat, Tekken, dan masih banyak lagi.

    - Adventure: Video Game ini menekankan pemain pada jalan cerita dan kemampuan berpikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan rangkaian peristiwa dan percakapan karakter hingga penggunaan benda-benda tepat pada tempat yang tepat.
    Contohnya: Devil May Cry, Resident Evil, Grand Thief Auto (GTA).

    - Simulation: Video Game jenis ini seringkali menggambarkan dunia di dalamnya sedekat mungkin dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan detil berbagai faktor. Dari mencari jodoh dan pekerjaan, membangun rumah, gedung hingga kota, mengatur pajak dan dana kota hingga keputusan memecat atau menambah karyawan. Dunia kehidupan rumah tangga sampai bisnis membangun konglomerasi, dari jualan limun pinggir jalan hingga membangun laboratorium cloning. Video Game jenis ini membuat pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun dan mengatasi masalah dengan menggunakan dana yang terbatas.
    Contohnya: The Sims, Roller Coaster Tycoon, Sim City, atau Game Dating yang banyak beredar di Jepang.

    - RPG (Role Playing Game): Video Game jenis ini memang sedikit sama seperti Adventure dimana game ini menekankan pemain pada jalan cerita dan kemampuan berpikir pemain, namun RPG ini area permainan lebih luas dan pemain diharuskan mengexplore sebuah map untuk mencari barang atau quest tertentu. RPG ini pemain harus memainkan role karakter yang sudah di tentukan, atau bisa juga membuat sebuah karakter sendiri. Karakter tersebut dapat berubah dan berkembang ke arah yang diinginkan pemain, dalam berbagai parameter yang biasanya ditentukan dengan naiknya level, baik dari status kepintaran, kecepatan dan kekuatan karakter, senjata yang semakin kuat, atau jumlah teman bahkan bisa juga peliharaan.
    Contohnya: Final Fantasy, Fable, The Elder Scroll.

    Online Game
    Online Game adalah jenis permainan yang dimainkan secara online melalui koneksi Internet, bisa jadi berupa Video Games atau juga virtual Board Game. Game Online jaman sekarang banyak sekali yang berbau MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game), walaupun genrenya tidak hanya RPG saja. Biasanya MMORPG ini pemain di tekankan untuk membuat sebuah karakter dan dapat merubah karakter tersebut menjadi kuat dengan cara leveling, mengatur status dan skill dari karakter tersebut, atau juga bisa membuat karakter terlihat keren. Dilihat dari namanya MMO, dimana pemain ini tidak sendirian atau berdua saja, tetapi banyak pemain dari seluruh dunia yang bermain bersama di Game tersebut. Istilahnya seperti dunia virtual yang dimana bisa mengobrol, berkelahi, atau juga bekerja sama.

    GameMaker
                Game Maker adalah sebuah game engine yang bisa membantu anda membuat sebuah game komputer tanpa menggunakan codingan yang banyak dengan bahasa programan. Dengan game maker anda dapat membuat game 2D, 3D atau multiplayer, dan anda juga mempunyai hak penuh terhadap game yang anda buat.

    Sejarah
                GameMaker (awalnya bernama Game Maker dan sering disingkat GM) awalnya dikembangkan oleh Mark Overmars dalam bahasa pemrograman Delphi. Saat ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Yoyo Games, sebuah perusahaan perangkat lunak di mana Overmars secara tidak langsung terlibat dan pemegang saham besar GameMaker.
    Game Maker awalnya berjudul Animo, dan dimulai sebagai program untuk membuat animasi 2D. Mark Overmars merilis versi publik pertama dari GameMaker (versi 1.1) pada tanggal 15 November 1999. Sementara versi Game Maker memiliki built-in scripting bahasa, yang tidak serumit seperti di versi yang lebih baru, dan beberapa versi berikutnya Game Maker tidak memiliki dukungan DirectX.
    Setiap rilis utama mereka menambahkan fitur baru yang besar dan peningkatan stabilitas sambil mendapatkan terus dalam popularitas. Pada tahun 2001, versi 3.0 diimplementasikan DirectX untuk pertama kalinya, sementara versi 4.0 (dirilis Juli 2001) ditulis ulang dari awal, mengubah interface secara signifikan.

    Bahasa GameMaker
                GML adalah bahasa scripting utama yang ditafsirkan mirip dengan Java kompilasi Just-In-Time yang digunakan dalam GameMaker. Hal ini memungkinkan pengguna untuk lebih meningkatkan dan mengendalikan desain permainan mereka melalui pemrograman konvensional, yang bertentangan dengan sistem drag-and-drop. Sintaks dari GML meminjam aspek dari bahasa lain seperti C, C + + dan Java, efektif memanfaatkan pemrograman berorientasi objek.

    Libraries GameMaker
                Dalam Game Maker, serangkaian tindakan drag-and-drop disebut Libraries. Dalam Game Maker interface, libraries ini ditampilkan sebagai tab yang berisi ikon yang disebut Actions. Setiap Action adalah script GML atau fungsi yang pengguna dapat digunakan dalam permainan mereka. Game Maker dilengkapi dengan set standar perpustakaan yang berisi tindakan yang umum digunakan oleh kebanyakan game, melainkan juga memungkinkan untuk membuat libraries menggunakan Library Builder disediakan secara terpisah dari Game Maker. Ada banyak libraries bahwa pengguna Game Maker dapat men-download untuk menghindari menggunakan GML untuk mencapai tugas-tugas tertentu. Misalnya, jika user ingin membuat game 3D yang sederhana tetapi tidak memiliki pengalaman dengan GML, mereka dapat men-download 3D Libraries.

    Kemampuan Grafik
                GameMaker terutama berjalan game yang menggunakan grafis 2D. Kemampuan grafis GameMaker ini mengalami perbaikan yang signifikan dengan setiap versi rilis utama, memungkinkan untuk fungsionalitas tambahan termasuk penyesuaian alpha lebih efisien dan pengaturan pencampuran untuk sprite dan bentuk lainnya. Dengan versi 6.0 (Windows), Game Maker dimasukkan DirectX, yang memungkinkan fungsi-fungsi grafis yang lebih canggih. Versi 7.0 (Mac OS X) menggunakan OpenGL untuk membuat sprites.
    Dimulai dengan versi 6.0 (Windows), Game Maker menambahkan Direct3D, yang memungkinkan penggunaan grafis 3D yang terbatas. Untuk versi 7.0 (Macintosh) dan atas, OpenGL digunakan untuk grafis 3D dan juga memungkinkan dukungan terbatas untuk model 3D yang sederhana. Converter digunakan untuk membuatnya mungkin untuk menggunakan format 3D yang lebih populer seperti .3 ds, dan .obj untuk digunakan dalam proyek 3D. Paket ekstensi seperti Ogre digunakan untuk memperluas fungsi dasar Game Maker ini. Hal ini juga mendukung kemampuan untuk membuat efek partikel seperti hujan, salju dan awan, namun tidak native dalam 3D kecuali melalui penggunaan Dynamic Link Library. Dukungan untuk mengedit 32-bit .png file ditambahkan dalam versi 8.0 dari perangkat lunak yang juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan gambar dengan alpha channel.


    Bagian - Bagian GameMaker

    Di dalam game maker terdapat baberapa resource yang anda dapat gunakan untuk membuat sebuah Game dalam game maker.

    Sprites                : Gambar dari semua objek dalam game.
    Sound                 : Efek efek suara agar game terasa lebih hidup.
    Backgrouds        : Gambar yang digunakan untuk latar belakang sebuah game yang sedang
    berlangsung.
    Paths                  : Paths adalah lintasan yang diikuti oleh suatu objek dalam game.
    Scripts                : Bahasa Pemrograman pada GameMaker
    Fonts                  : Jenis huruf yang digunakan pada game.
    Time Lines          : Pemberian waktu pada objek dalam melakukan suatu Action pada game.
    Objects               : Kumpulan beberapa benda benda yang ada pada game.
    Event                  : Pergerakan yang dilakukan oleh suatu objek apabila terjadi suatu
    peristiwa pada objek tersebut.
    Room                  : Ruangan dimana game berjalan dan juga sebagai tempat untuk suatu
    objek untuk di letakan atau tempat suatu objek untuk bergerak.
    Game Option     : Pilihan pada game (Option)
    Game Information : Informasi yang ada pada game tersebut.

    Adventure of Lonely Boy
                Game ini menceritakan tentang seorang anak yang mengumpulkan permata yang dimana ada banyak monster dan rintangan di dalam ruin tersebut. Player hanya mempunyai 3 nyawa yang dimana nyawa itu akan berkurang setelah dia terkena monster atau rintangan yang ada pada ruin tersebut, jika nyawa itu habis maka Game Over dan diambil score tertinggi yang dicapai. Untuk monster yang terbang seperti burung kita tidak bisa membunuhnya dengan menginjaknya seperti monster Ghost, di ruin tersebut ada sebuah senjata yang dapat di ambil untuk menembakkan kepada monster. Game ini ditunjukan seberapa banyak permata yang di kumpulkan dan monster yang dibunuh agar mendapatkan score tertinggi.


    Interface Game




    BAB III
    PENUTUP

                Ada kekurangan pasti ada kelebihannya, begitu juga dengan Makalah Pembuatan Game Adventure of Lonely Boy ini. Semoga dengan artikel makalah yang telah kami buat ini dapat bermanfaat bagi kita semua baik mahasiswa  maupun masyarakat luas pada umumnya.
                Demikian pembuatan makalah Pembuatan Game Adventure of Lonely Boy yang kami buat,  semoga  dapat  bermanfaat  bagi  kita semua.






    Daftar Pustaka
    http://en.wikipedia.org/wiki/Game
    http://chikhungunya.wordpress.com/2011/05/26/definisi-game-dan-jenis-jenisnya/
    http://itwithmoonfang.blogspot.com/2010/03/artikel-tentang-game.html